Tutorial Data Services Menggunakan Framework WSO2 WSF/PHP

Share :

WSO2 WSF/PHP menyediakan sebuah fitur yang disebut dengan Data Services. Data Services merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk melakukan konsumsi terhadap sumberdata dari database. Pada tutorial kali ini akan dibahas bagaimana melakukan retrieve data Mahasiswa dari database MySQL menggunakan WSO2/WSF PHP.

Bagi yang belum mengetahui apa dan bagaimana WSO2 WSF/PHP saya rekomendasikan untuk membaca tulisan saya sebelumnya di :

  1. http://kabulkurniawan.web.ugm.ac.id/2012/09/16/tentang-wso2-web-service-framework-for-php-wsfphp/ (Pengenalan WSO2/WSF PHP)
  2. http://kabulkurniawan.web.ugm.ac.id/2012/10/17/tutorial-web-service-menggunakan-framework-wso2-wsfphp/. (Instalasi WSO2/WSF PHP)

Beberapa komponen yang perlu kita siapkan untuk membuat aplikasi data service menggunakan WSO2/WSF PHP antara lain :

  1. Rancangan Database Mahasiswa (mahasiswa.sql)
  2. Rancangan Script untuk Server (mahasiswa_server.php)
  3. Rancangan Script untuk Client (mahasiswa_client.php)

Berikut tutorial selengkapnya saya tulis dalam sebuah artikel dalam format PDF  yang dapat anda unduh di “TUTORIAL DATA SERVICES MENGGUNAKAN FRAMEWORK WSO2 WSF/PHP“, selamat belajar dan mencoba 🙂

This entry was posted on Friday, November 9th, 2012 at 10:33 am and is filed under Integration. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Tutorial Data Services Menggunakan Framework WSO2 WSF/PHP”

  1. Indra Says:

    Mas, boleh dibantu cara instal WSO2 setelah dukungan pengembangan untuk php dari wso2 dihentikan, seperti pesan halaman download “WSO2 will no longer continue with any new developments of the WSO2 Web Services Framework for PHP”, jadi lumayan kesulitan saya untuk mengikutinya.

    Dulu untuk platform PHP ada NuSOAP, tapi pengembangannya juga sudah dihentikan, yang jadi pertanyaanku, jika seperti ini apakah masih layak untuk digunakan? Maksud saya apakah dengan menggunakan teknologi/alat yang sudah terhenti dukungan pengembangannya, sedang dalam jangka beberapa tahun kedepan (5-10 tahun) teknologi itu masih menjadi tulang punggung dari proses transfer data, apakah tidak ada kerentanan dari sisi keamanan, bugs dan lain sebagainya?

    Kemudian, jika ingin implementasi web service dengan platform JAVA, kombinasi yang paling tepat apa ya mas?

Leave a Reply

CommentLuv badge