Tentang WSO2 Web Service Framework for PHP (WSF/PHP)

Share :

WSO2 Web Service Framework for PHP (disingkat: WSO2 WSF/WSF) merupakan sebuah framework berbasis open source yang menyediakan fitur untuk membuat komponen web service dalam bahasa PHP. WSO2 WSF/PHP merupakan salah satu framework yang mendukung seluruh kemampuan WS-* antara lain WS-Security (keamanan web service), WS-Reliability (kepercayaan web service), WS-Addressing (pengalamatan web service), WS-SecurityPolicy (kebijakan keamanan web service) , WS-ReliableMessaging (integritas pesan web service) dan sebagainya.

Dalam hal kemampuan untuk menyediakan dan menggunakan web service, WSO2 WSF/PHP menyediakan dukungan penuh web service berbasis REST (Representational State Transfer) yang memungkinkan pengembang untuk mengembangkan service SOAP (Simple Object Access Protocol) sebagai service REST.  Selain itu WSO2 WSF/PHP menyediakan kemampuan Data Service. Data Service merupakan sebuah layanan web service untuk berkomunikasi dengan database.

Arsitektur WSO2 WSF/PHP

Sebuah kelas WSF/PHP datang dengan dokumentasi dan contoh penggunaannya secara lengkap dan komprehensif. Sebagai framework web service yang berbasis pada bahasa C, WSF/PHP menyediakan interoperabilitas dengan sebagian besar web service termasuk .Net dan Java. Secara umum fitur-fitur yang disedakan oleh Framework WSO2 WSF/PHP antara lain :

  1. Menyediakan WSDL (web service description languange) yang lengkap dan komprehensi
  2. Mendukung WS-SecurityPolicy, WS-Security dan WS-SecureConvertation
  3. Mendukung kemampuan pertukaran data file (Binnary Attachment / MTOM)

 

Fitur WSO2 WSF/PHP

Ciri Deskripsi
Dukungan Komprehensif untuk layanan Web Standar WSO2 WSF / PHP mendukung layanan Web standar, termasuk SOAP 1.1, SOAP 1.2, 1.1 dan WSDL WSDL 2.0 dasar.

WSF / PHP juga mendukung spesifikasi WS-* berikut:

  • SOAP MTOM
  • WS-Addressing
  • WS-Security
  • WS-SecurityPolicy
  • WS-ReliableMessaging
Interoperabilitas WSO2 WSF / PHP memiliki interoperabilitas dengan Microsoft. NET, WSO2 wsas (Apache Axis2/Java berbasis layanan aplikasi web server) dan implementasi  lainnya J2EE. Tingkat dasar SOAP interoperabilitas serta implementasi spesifikasi WS-*  telah teruji dan terbukti beroperasi.
Portabilitas dan Dukungan Platform WSO2 WSF / PHP telah diuji pada:

  • Windows XP – Microsoft Visual C + + 7.1
  • Windows XP – Microsoft Visual C + + 8.0
  • Linux – gcc 4.1.1
Attachmenet dengan Web Service dan Client Pengguna dapat mengirim dan menerima lampiran (attachment) file dengan pesan SOAP baik dengan optimalisasi maupun format non-optimasi dengan dukungan MTOM.
Keamanan Web Service dan Client Pengguna dapat mengirim pesan dengan token Username, dan dengan dukungan TimeStamp.
WSO2 WSF / PHP juga mendukung ekstensi canggih fitur WS-Security termasuk enkripsi dan penandatanganan pesan SOAP.
Kehandalan Web Services dan Client Mendukung Kehandalan Pesan baik untuk service maupun klien. Pesan SOAP dasar serta pesan dengan lampiran dapat dikirim dengan cara yang dapat diandalkan.
Dukungan REST Sebuah layanan tunggal dapat digunakan baik sebagai gaya SOAP maupun layanan gaya REST. API klien juga mendukung pemanggilan layanan REST menggunakan HTTP GET dan POST metode.
Generasi WSDL WSO2 WSF / PHP dapat menghasilkan WSDL untuk script layanan PHP. “Wsdl?” (Untuk melayani WSDL 1.1) serta “? Wsdl2” (untuk melayani WSDL 2.0) bekerja untuk skrip web service PHP
Modus WSDL Ekstensi WSO2 WSF / PHP juga mendukung gaya kontrak pertama dalam menerapkan Web service dan klien. Seorang pengguna hanya dapat memberikan WSDL dan menerapkan web service dan klien berdasarkan pada antarmuka yang diberikan dalam WSDL.
Skrip wsdl2php Skrip ini dapat menghasilkan kelas PHP untuk service dan klien untuk WSDL yang diberikan yang digunakan dengan mode WSDL.

Penasaran gimana implementasinya? hehe.. InsyaAllah dipostingan selanjutnya saya akan bahas instalasi + tutorial WSO2 WSF/PHP ditunggu ya.. semoga bermanfaat 🙂

Referensi :

http://wso2.org/library/3032#introducing

This entry was posted on Sunday, September 16th, 2012 at 8:18 am and is filed under Integration. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Tentang WSO2 Web Service Framework for PHP (WSF/PHP)”

  1. Tutorial Web Service menggunakan Framework WSO2 (WSF/PHP) | KabulKurniawan.Com Says:

    […] ini merupakan lanjutan dari tulisan yang pernah saya buat sebelumnya tentang Web Service Framework WSO2 WSF/PHP. Nah, di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat aplikasi web service […]

Leave a Reply

CommentLuv badge