Review PKM-T : “SISTEM PERINGATAN DINI DAERAH ALIRAN SUNGAI GUNUNG MERAPI”

Share :

Wah, sudah lama rasanya saya tidak mengupdate blog ini.. hehe :), tapi insyaAllah ke-vakum-an ini tidak menyibukkan saya ke hal2 lain yang tidak bermanfaat karena alhamdulillah banyak pekerjaan maupun rutinitas yang saya lakukan melebihi biasanya, disamping pekerjaan tetap sebagai mahasiswa (baca: kuliah), coding, ngajar ditambah lagi dengan amanah lain seperti PKM, dan lagi semester ini saya mengambil tugas akhir (Skripsi) menambah malam-malam saya semakin tidak berkutik.. hehe 😀 . ya.. mohon do’anya saja semoga selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT. sehingga semua aktifitasnya berjalan dengan lancar.. amin.

Oh ya, pada kesempatan kali ini saya mau sedikit share tentang karya PKM (Pekan Kreatifitas Mahasiswa) yang saya buat bersama kawan2 dari Elektronika & Instrumentasi UGM sebut saja mas Lukman Awaludin, FajarRinto, Hidayat Fathoni dan Fauzi Azzuhry :). Alhamdulillah, PKM ini merupakan PKM-T kami yang pertama dan alhamdulillah Lolos dan didanai dan sekarang sedang proses pembuatan dan perancangan sistem. Oleh karena itu kami mohon do’a agar PKM-T yang kami usulkan pada tahun 2012 ini dapat lolos menuju PIMNAS untuk mempertahankan gelar juara I UGM di UMY nanti.. amiin.. :).

Oh ya, di kelompok ini saya tidak berperan dalam pembuatan alat-alat piranti keras (hardware) melainkan berperan dalam pembuatan sistem (software), hehe yang urusan alat-alat (hardware) saya serahkan sama yang ahlinya saja (anak2 Elins) hehe :D. berikut review-nya.. (yang di-garismiring itulah jobdesk yang harus saya kerjakan). Untuk pembahasan software-nya secara khusus insyaAllah akan saya bahas di-postingan berikutnya 🙂

SISTEM PERINGATAN DINI DAERAH ALIRAN SUNGAI GUNUNG MERAPI ”SIPENI DARI MERAPI” (Sensor Network Sebagai Sistem Peringatan Dini Bahaya Aliran Lahar Dingin Pada Daerah Aliran Sungai Gunung Merapi)

A. Latar Belakang Masalah
Bencana alam dari letusan gunung merapi masih menyisakan material-material berat yang terkonsentrasi pada puncak gunung merapi. Dari sumber informasi yang kami dapat, bahwa dari sisa letusan November tahun 2010, material yang turun dari puncak gunung merapi adalah baru sekitar 30%. Sedangkan 70% sisanya masih terkumpul pada kawasan puncak, kawah gunung merapi. Hal ini yang menyisakan kekhawatiran baik masyarakat lereng merapi dan daerah aliran sungai dari puncak merapi, dan juga pemerintah yaitu apabila musim penghujan tiba, dimana puncak musim hujan tahun ini diprediksi akan terjadi pada bulan November-Januari.

Berlatar belakang masalah tersebut di atas, kami sepakat membentuk Tim PKM untuk dapat menyempurnakan sistem sensor network dari beberapa titik yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Sleman. Tim PKM akan bekerja sama dengan Dinas HubKominfo Kabupaten Sleman untuk mengembangkan sensor network pendukung sistem peringatan dini bahaya aliran lahar dingin merapi dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah dimiliki oleh Pemkab Sleman, serta akan menambah satu titik untuk pemantauan dan menyempurnakan Sistem Sensor Network untuk akuisisi data dan kontrol untuk tiap titik pemantauan yang dilakukan dari Master Station.

B. Perumusan Masalah

  1. Mengoneksikan masing-masing terminal unit untuk sistem pemantau yang dimiliki Pemkab Sleman, untuk terhubung dan dapat dikontrol dan dimonitor oleh Master Station.
  2. Mengembangkan sistem pada Master Station untuk dapat mengontrol dan mendapatkan data dengan baik dari masing-maing Remote Terminal Unit (RTU).
  3. Mengembangkan sistem layanan masyarakat berbasis SMS dengan mengandalkan SMS Gateway yang dimiliki Pemkab Sleman untuk mendukung sistem peringatan dini bahaya aliran lahar dingin.

C. Tujuan Program
Tujuan dilaksanakannya program ini adalah:

  1. Memperbaiki sistem peringatan dini bahaya aliran lahar dingin yang dimiliki Pemkab Sleman dengan menitikberatkan pada sensor network terpusat.
  2. Mengoneksikan masing-masing Remote Terminal Unitpemantauan, dengan Master Station dan mengalibrasikan alat pemantau serta CCTV agarmampu mendapatkan data yang akurat.
  3. Mengembangkan sistem peringatan dini bahaya aliran lahar dingin melalui sinkronisasi dengan infrastruktur lain yang dimiliki Pemkab Sleman seperti SMS Gateway.

D. Luaran yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan dari program ini adalah menghasilkan suatu sistem peringatan dini bahaya gunung merapi yang akurat dengan mengandalkan sensor network, untuk dapat mengakses remote terminal unit dari master station.

E. Kegunaan Program
Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari program ini adalah:

  1. Membangun sistem peringatan dini bahaya lahar dingin gunung merapi yang baik dengan mendapatkan data akurat dari masing-masing terminal unit pemantauan.
  2. Dapat menjadi sumber data yang akurat, sehingga memberikan kemudahan untuk pemantauan dari master station, dan dapat dijadikan acuan dalam pengambilan kebijakan secara cepat dan tepat.
  3. Mengurangi kekhawatiran masyarakat daerah aliran sungai merapi dan juga pemerintah, akan bahaya material berat lahar dingin serta menambah kredibilitas pemerintah di mata masyarakat.

Untuk lebih lengkapnya berikut saya sertakan Proposal PKM-T nya, semoga bs dijadikan referensi dan bermanfaat 🙂

This entry was posted on Sunday, March 4th, 2012 at 11:26 pm and is filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Review PKM-T : “SISTEM PERINGATAN DINI DAERAH ALIRAN SUNGAI GUNUNG MERAPI””

  1. Solarni sustavi Says:

    Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have truly loved surfing around your weblog posts. After all I’ll be subscribing for your feed and I’m hoping you write again very soon!
    .-= Solarni sustavi´s last 1 ..1 =-.

Leave a Reply

CommentLuv badge