Review Seminar Technopreneurship, “Build Your Own Corporation” Part II

Share :

Ini adalah postingan lanjutan dari artikel yang pernah saya buat sebelumnya dengan judul : Review Seminar Technopreneurship, “Build Your Own Corporation”. Ok, sebelum membaca tulisan ini sebaiknya Anda mengklik dan membaca link yang saya include diatas. he2.. biar nyambung Gan.. 😀

Yup? Udah dibaca belum? he2.. kalo sudah mari lanjutkan membacanya. Jangan lupa sediakan kopi hangat plus pisang gorengnya.. he2,  kalo ga ada air putih juga ga’ pa2.. cukup.. nikmati aja sambil tersenyum dan bersabar.. he he :D.

Di artikel sebelumnya saya membahas mengenai bekal yang dibutuhkan oleh seseorangan agar bisa surfive dalam berwirausaha (tentunya versi KabulKurniawan.Com 😀 ). Apa saja itu? ya… diantaranya adalah :

  • Mengenal siapa diri kita,
  • Mengetahui karakter yang ada pada diri kita,
  • Mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kita miliki dan
  • Mengetahui apa yang menjadi keinginan atau cita-cita kita.

Setelah kita menganalisa point-point di atas maka kita akan dapat  mengetahui Potensi kita sebenarnya, selanjutnya kita bisa Fokus, kemudian berada pada Stable Positiondan akhirnya kita bisa menjadi Profesional pada kompetensi yang kita miliki. Hmm, gimana ?? bisa?  ayo berdjoeang he2.. 😀

Ok, apakah point-point diatas sudah cukup??  he2 ternyata belum kawan. Kita harus mengubah mindset (pola pikir) kita. Ya, mindset seorang entrepreneour (Pengusaha). Dalam sebuah presentasi yang ditulis oleh mas Yodhia Antariksa yang berjudul “On Becoming Successful Entrepreneur” , ada enam point mindset yang harus dibangun dan dimiliki oleh seorang entreprenour, antara lain :

  1. Percaya Diri (Self Confidence)
  2. Berorientasi pada Prestasi (Achievement Orientation)
  3. Berani mengambil Resiko (Face the Risk)
  4. Berjiwa Mandiri (Indepentent)
  5. Kreatif dan Inovatif (Creative & Innovative)
  6. Ulet dan Tekun (Persisten)

Selanjutnya seorang entrepreneur harus memiliki konsep. Di tulisan yang sama, setidaknya terdapat lima konsep yang disebut dengan 5D Concept. Diantaranya :

1. Dream (Impian)

Seorang entrepreneur yang sukses harus memiliki Impian. Ia harus memiliki visi dan misi yang kuat dan jelas mengenai masa depan usahanya.

2. Decisiveness (Ketegasan)

Seorang entrepreneur sukses harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan (Desiciveness). Ia harus mampu membuat keputusan yang tepat, akurat, penuh perhitungan namun tidak lamban. Ia juga tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan. 😀

3. Doers (Tindakan)

Ketika keputusan sudah diambil maka seorang pengusaha yang sukses harus segera mengeksekusinya, ya.. segera melakukan tindakan (Doers). Tidak hanya NATO (No Action Talk Only) 😀

4. Determination (Kesungguhan)

Seorang pengusaha sukses haruslah memiliki kesungguhan. Ia tidak main-main dalam menjalankan usahanya. Penuh perhatian dan tanggung jawab yang tinggi. Ia juga tidak gampang menyerah jikalau ada rintangan dan hambatan.

5. Dedication (Dedikasi)

Seorang entrepreneur yang sukses memiliki dedikasi yang tinggi terhadap usaha yang dilakoninya.

Gimana ?.. sekarang sudah jelas bukan. Kita sudah memiliki konsep, nah sekarang bagaimana kita bisa meng-“implement” dan mempraktekannya. Jangan cuma dibaca aja, tapi sekali lagi.. “Dipraktekkan” he2 :D. Cukup berat sih, tapi yakinlah jika kita sungguh2 dan memiliki kebulatan tekad pasti akan ada jalan dan pastinya Alloh SWT akan memudahkan usaha kita. Ok ! Tetap dalam perdjoeangan! 😀 (Nantikan artikel2 motivasi selanjutnya.. ya.  Salam Sukses! )

This entry was posted on Friday, January 7th, 2011 at 7:17 am and is filed under Entrepeneourship, Motivation. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

CommentLuv badge