Review Tugas Akhir “Sistem Informasi Gudang Obat & Farmasi”

Share :

Alhamdulillah, setelah kurang lebih sebulan lamanya saya tidak melakukan update blog ini, akhirnya hari ini bisa sy update. Maklum beberapa bulan ini saya memfokuskan diri untuk menyelesaikan TA (Tugas Akhir). Dan alhamdulillah dengan perdjoeangan yang cukup keras, akhirnya pada tanggal 6 Juli 2010 kemarin saya dapat mengikuti pendadaran 😀 .Berikut intisari dari Tugas Akhir yang saya buat :

SISTEM INFORMASI GUDANG OBAT & FARMASI

KANTOR DINAS KESEHATAN KOTA YOGYAKARTA

Oleh:

Kabul Kurniawan

07/256058/DPA/02719

Pengelolaan data obat dan farmasi di Kantor Gudang Obat dan Farmasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta masih menggunakan pencatatan konvensional seperti melakukan pencatatan transaksi pada spreadsheet dan menyimpannya pada filefile secara terpisah di komputer. Hal ini dinilai tidak efektif karena monitoring penerimaan, distribusi, mutasi, persediaan dan deteksi barang kadaluarsa tidak dapat dilakukan dengan cepat dan valid. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengelolaan data serta monitoring yang lebih efektif dan efisien melalui pembuatan dan implementasi sistem informasi.

Pengembangan sistem informasi ini dilakukan dengan membuat sistem pengelolaan data berbasis web. Salah satu keistimewaan dari sistem ini diantaranya adalah dapat melakukan proses distribusi obat secara FIFO (First In First Out) sehingga barang yang masuk pertama akan dikeluarkan terlebih dahulu. Metode ini dilakukan dengan mengetahui barang-barang yang diterima berdasarkan tanggal masuk serta tanggal kadaluarsa. Selain itu sistem ini juga secara otomatis akan mengelompokkan barang-barang yang telah kadaluarsa kedalam kelompok barang rusak, sehingga petugas tidak perlu lagi memilah-milahnya secara manual.

Dari hasil implementasi sistem, diperoleh informasi bahwa sistem ini dapat digunakan untuk melakukan pencatatan transaksi penerimaan, distribusi secara FIFO, pengembalian barang dan pengelompokkan barang rusak. Selain itu sistem ini dapat mengeluarkan report (laporan) yang dapat dicetak langsung maupun di ekspor ke dalam format lain seperti excel. Laporan tersebut antar lain Distribusi, Penerimaan, Mutasi, Kadaluarsa dan Persedian Barang.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Gudang Obat dan Farmasi, FIFO

Sedangkan presentasi TA pendadaran saya, dapat di download di sini : Presentasi TA , Semoga bermanfaat 😀

http://www.ziddu.com/download/10681625/sisfarm.zip.html

This entry was posted on Tuesday, July 13th, 2010 at 7:00 am and is filed under Research. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

6 Responses to “Review Tugas Akhir “Sistem Informasi Gudang Obat & Farmasi””

  1. Dian Budi Santoso Says:

    Yaps.. keren Bung.. Anda dapat nilai A
    hehe

    review sistem informasi gudang farmasi:
    http://dianbudisantoso.net/2010/04/08/sistem-informasi-gudang-farmasi/
    .-= Dian Budi Santoso´s last blog ..Make an ICD-10 Quiz with PHP and MySQL =-.

  2. admin Says:

    @yayan : Alhamdulillah yan, setelah melalui perjuangan yang cukup keras.. akhirnya

  3. ahmad.priatam(p)a(n) Says:

    sukses mas..
    jadinya mau ngelanjutin dimana nih?
    denger2 di kampus kita tercinta program diperbincangkan itu masih simpang siur

  4. admin Says:

    @ahmad : Ditunggu saja mad.. semoga cepet selesai perancangannya. 🙂

  5. dsulistyo Says:

    boleh minta codenya mas?
    sekedar buat referensi..
    thanks

  6. herlina Says:

    kak minta codingnya donk buat belajar… 🙂

Leave a Reply

CommentLuv badge