MIPA Great Creation in Web & Graphic Design !

Share :

Alhamdulillahirobbil’alamin, puji syukur kehadirat Allah SWT. yang masih memberikan kesempatan kepada hambaNya untuk menulis. Ya, sebetulnya tulisan ini ingin saya posting sejak lama, tapi karena urusan lain yang lebih urgent (baca : Mengerjakan TA), akhirnya saya sempatkan menulisnya hari ini, tapi mudah-mudahan tulisan ini tidak mengecewakan para pembaca :D, insyaAllah dengan bahasa yang tetap renyah (seperti makanan kecil saja.. :))Β  saya berharap semoga tetap memotivasi pembaca sekalian untuk semakin kreatif. Oke !

Pada kesempataan ini saya ingin mengulas sedikit tentang presentasi saya di acara workshop “MIPA Great Creation in Web & Graphic Design !“. Acara ini diselenggarakan atas kerja sama LSIS (Lingkar Studi Science) dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada (yap.. lengkap sekali saya sebutkan! hehe.. tambah satu lagi, Yogyakarta). Workshop yang diadakan di SIC (Student Internet Center) tersebut berlangsung pada hari Ahad, 6 Juni 2010. Disana saya diminta untuk mengisi tutorial Web (lebih tepatnya blogging..) dan Desain Grafis (Menggunakan graphic tool, GIMP 2.0).

Sebenarnya acara ini hampir sama dengan workshop yang pernah saya presentasikan di depan temen2 SEMEDI (Sekolah Media Informasi), bedanya pelatihan grafis yang saya sampaikan pada workshop tersebut menggunakan InkScape. Sekedar informasi bahwa baik GIMP maupun InkScape keduanya merupakan aplikasi OpenSource. Bedanya adalah pada fungsionalitas aplikasi tersebut. GIMP merupakan pengolah grafis berbasis Layer (padanannya seperti Photoshop). Sedangkan InkScape berbasis Vektor (ya.. seperti CorelDraw kalo diwindows). Meskipun OpenSource, keduanya tidak hanya dapat dijalankan di lingkungan Linux saja lho., namun juga dapat running well di platform lain seperti Windows dan Mac.

Sesi pertama saya isi dengan materi desain grafis dengan terlebih dahulu memperkenalkan tool atau aplikasi GIMP. Rupanya dari sekian banyak peserta yang hadir, hampir semuanya blum pernah menggunakan aplikasi ini untuk membuat desain grafis. Hal ini saya kira wajar karena memang popularitas Photoshop (wah, kayak artis saja :D), telah mendominasi mereka. Kebiasaan menggunakan aplikasi yang lebih familiar dan mudah (menurut mereka) menjadi alasan utamanya. Oleh karena itu di sesi ini saya awali dengan menunjukkan kelebihan yang ada pada aplikasi GIMP, baik fitur maupun cara penggunaanya. Percaya?, silakan cek di situs resmi GIMP, disana bahkan terdapat karya-karya fantastis yang dibuat dengan aplikasi gratisan ini. :).

Berikut adalah materi yang saya sampaikan di sesi pertama :

1. GIMPlite Quickies

Tutorial ini membahas tentang bagaimana mudah dan cepatnya melakukan pengeditan gambar seperti yang sering kita lakukan antara lain :Β  scaling (mengubah ukuran skalaΒ  gambar), resize (mengubah ukuran luas gambar), cropping (memotong gambar), flip (membalik), rotate (memutar) dan finding file informaton (mengetahui informasi terkait gambar). Semuanya dapat dilakukan dengan mudah di GIMP !

2. Borders on Selection

Tutorial ini membahas bagaimana membuat bingkai gambar yang menarik dengan menggunakan Selection tool dan memanfaatkan paintBrus tool yang dimiliki oleh GIMP.

3. Simple Path

Tutorial ini membahas tentang kemudahan membuat sebuah objek gambar di GIMP. kini membuat bentuk-bentuk lengkungan yang rumit sekalipun dapat dilakukan dengan mudah dengan Path Tool.

4. Quickmash

Membuat efek disekitar / dipinggiran gambar, dapat dilakukan dengan sekejap dengan memanfaatkan Quickmash Button, milik aplikasi GIMP.

5. Dimensional Shape

Tidak hanya gambar dua dimensi. Aplikasi GIMP-pun dapat melakukannya. Dengan memanfaatkan Path Tool dan Gradient Tool milik GIMP, membuat bentuk tiga dimensi menjadi semakin mudah dan menyenangkan. πŸ™‚

6. Changing Background Color

Mengubah latar pada sebuah gambar, bukan lagi menjadi masalah yang sulit. Dengan menggunakan Selection Tool by Color, latar belakang gambar dapat dengan mudah diubah. πŸ˜€

7. Coloring A BW Scretch

Ingin membuat kartun? atau ingin mewarnai sebuah sketsa gambar sehingga menjadi lebih menarik?, Multiple Mode pada Layer yang dimiliki GIMP, dapat mewujudkan keinginan tersebut. Buktikan!

8. Simple Animation

Tutorial ini juga membahas bagaimana membuat animasi sederhana dengan memanipulasi Layer yang dimiliki oleh GIMP, jadi tidak ada lagi alasan tidak bisa membuat efek animasi.. hehe πŸ™‚

9. Sketch Effect

Kalau tutorial yang satu ini membahas bagaimana membuat foto menjadi seperti lukisan. Dengan memanfaatkan efek-efek yang ada pada GIMP, sekarang anda sudah bisa menjadi pelukis.. he πŸ™‚

Hemm.. kesembilan tutorial itu hanya sebagian kecil dari begitu banyak fitur yang disediakan oleh GIMP. Gimana tertarik? ingin mencoba?, Ok.. santai saja saya sertakan kok slide Tutorial GIMP-nya kok, silakan di download…

Berikutnya, di sesi ke – 2 saya membahas mengenai Web Blogging. Pentingnya blog tetap menjadi hal yang saya gembar-gemborkan di Workshop ini. Begitu banyak orang yang sudah memiliki Blog, namun seringnya kandas di tengah jalan. Ingat, bloging tidak seperti lari sprint yang harus dilakukan dengan cepat sekali namun akhirnya berhenti dalam sekejap, namun blogging layaknya seperti lari marathon yang dilakukan dengan kecepatan terukur, dengan memperhatikan ritme dan stamina, dan tentunya jarak yang panjang. Ada juga beberapa orang yang tadinya sering nge-blog, akhirnya berhenti setelah terlena ber-Facebook-ria. Atau blogging semata-mata dengan tujuan untuk mendapatkan uang, uang dan uang. Akhirnya apa yang terjadi? ya, ketika keinginannya tidak tercapai maka blogging akan berhenti dengan sendirinya.

Dari beberapa referensi artikel yang saya baca dan berdasarkan pengalaman sendiri, maka dapat saya rumuskan beberapa penyebab kegagalan blogging, yaitu :

  1. Tidak memiliki NIAT yang jelas.
  2. Tidak mengetahui MANFAAT blogging.
  3. Tidak memiliki KARAKTER (UNIK).
  4. Tidak dapat melakukan PROMOSI.
  5. Tidak memiliki KONSISTENSI

Nah itu dia, masalahnya. Ingin tahu bagaimana penyebab-penyebab tersebut dapat menyebabkan kegagalan seseorang dalam blogging?. Dapatkan materinya KIAT-KIAT SUKSES DALAM BLOGGING yang saya uppload, silakan di download. Pastikan anda membaca tulisan saya sebelumnya tentang 10 Hal yang harus diperhatikan dalam Mengelola Blog. Untuk menambah keyakinan Anda untuk semangat menulis dan blogging!

This entry was posted on Monday, June 14th, 2010 at 6:10 am and is filed under Multimedia. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

6 Responses to “MIPA Great Creation in Web & Graphic Design !”

  1. Ade Malsasa Akbar Says:

    Terima kasih informasinya. Saya unduh buku Anda. Oh, ya, saya ingin sedikit memberi kritik.

    di download semestinya ditulis di-download atau diunduh

    Itu saja dari saya. Maaf jika terkesan menggurui. Salam hangat dan jabat erat.

    -Ade Malsasa Akbar-
    .-= Ade Malsasa Akbar´s last blog ..Panduan Menginstal WordPress di Windows dengan XAMPP =-.

  2. admin Says:

    kalo merujuk pada EYD seharusnya diunduh, namun memang gaya bahasanya sy buat demikian, karena memang kata2 download lebih sering kita dengar.. but i’ts ok, masukan yang bagus mas.. terimakasih..
    salam kenal .. πŸ™‚

  3. gardino Says:

    wah musti nyobain nih…selama ini cuma asik sama photoshop dan coreldraw ajah…
    .-= gardino´s last undefined ..Response cached until Thu 8 @ 19:19 GMT (Refreshes in 23.69 Hours) =-.

  4. admin Says:

    coba aja mas.. kalo udah familiar, ga kalah canggih kok..

  5. Ghufron Says:

    o iy mas,,, sya pgen tanya. sya adalah slah stu pserta yg kmarin ikut “MIPA Great Creation in Web & Graphic Design. Alhamdulillah stlah skian lma mencoba, akhirya kmrin bsa juga login di byethost.com yg dajrin mas kabul kmarin. tp sya bgung cara mensetting klanjutan’a gmna????cma bru bisa login’a aj. tlong diajrin dunks mas….
    thanks…..

  6. admin Says:

    @ghufron : lain waktu kalo ada kesempatan sy share cara2nya di web.. ditunggu ya πŸ˜€

Leave a Reply

CommentLuv badge