8 Tip’s Membuat Publikasi Efektif di Kampus !

Share :

Di sela-sela penatnya menyelesaikan TA & Proyek yang tak kunjung usai (hikz.. ), kemarinย  saya sempatkan diri mampir ke kampus tercinta (MIPA Selatan.. ๐Ÿ˜€ ). Ngliat pengumuman sana sini, eh.. kok ga da yang baru. hmm… akhirnya jadi merhatiin poster-poster yang ada di sana. Saya agak sedikit heran, nggak tahu kenapa bulan ini sepertinya kok banyak poster-poster yang nampang di papan pengumuman ? wah-wah perlu diteliti nih..ย  siklus semacam ini ( sembari berlagak seperti ilmuan ๐Ÿ˜€ ).

Liat-liat poster jadi pengen share gimana cara bikin poster yang baik (weits..bukan berarti poster-poster yang tadi jelek lho..he2 ), soalnya disana ada bermacam-macam publikasi, ada yang bagus… banget, ada yang sederhana, dan ada yang pula yang SEADANYA :D. Setelah nyari referensi di sana dan di sini plus berdasarkan pengamatan pribadi, saya merumuskan ada 8 Hal yang harus diperhatikan dalam membuat publikasi khususnya yang di pasang di kampus-kampus, hemm.. apa saja ya? Ok, stay cool dan tetap nikmati tulisan ini ya (jangan lupa.. kalau ada cemilan sambil dimakan.. syukur2 kalau mau dibagi-bagi dengan saya ๐Ÿ˜› ). Ok, Here goes..

 

8 TIPS MEMBUAT PUBLIKASI EFEKTIF DI KAMPUS !

1. Gunakan Headline (Fokus Tema) yang Paling Menarik.

Setiap acara pasti memiliki tujuan/tema tertentu ( betul ga? ๐Ÿ˜€ ). Saya sering melihat beberapa publikasi yang temanya terlalu umum dan terkadang membuat seorang pembaca bosan seketika (pernah ngalami juga kan? ). Nah.. makanya biar tidak membuat orang “kabur” seketika melihat publikasi kita, buat headline yang menarik perhatian dan sifatnya komunikatif “. Bandingkan, “SEMINAR WEB BLOGGING” dengan “BUAT WEB / BLOG MU BEDA DENGAN YANG LAIN”, tentu anda memilih yang kalimat yang kedua bukan..? ๐Ÿ™‚

2. Isi Publikasi dengan Informasi yang Lengkap dan Detail.

Setiap konten dalam setiap publikasi pasti memiliki karateristik yang berbeda-beda, tergantung tujuannya. Namun yang perlu diperhatikan adalah informasi yang disampaikan sedapat mungkin detail dan minimal terdapat informasi 4W + 1H (What, When, Who, Where, How). Acaranya apa, kapan acara diadakan, siapa pematerinya, dimana acaranya, dan bagaimana acara tersebut diselenggarakan (terkait dengan pendaftaran, prosedur untuk mengikuti acara tersebut dsb.) Oh iya jangan sampai tidak menyertakan Contact Person. Banyak peserta yang tidak jadi mengikuti sebuah acara karena tidak mengetahui kepada siapa ia harus menghubungi. Mau ? ๐Ÿ˜€

3. Gunakan Redaksional yang Efektif dan Efisien

Perhatikan informasi apa saja yang akan kita sampaikan. Seringkali terlalu banyak informasi yang ingin disampaikan, malah membuat materi publikasi yang kita buat menjadi kurang komunikatif. Sehingga membuat tujuan dari tema menjadi tidak jelas, hal ini tentu saja akan membingungkan pembaca.

4. Gunakan Bahasa yang Simpel dan Mudah Dipahami

Tentukan terlebih dahulu target dari peserta yang diinginkan, jangan mengorbankan informasi yang ingin disampaikan dengan menggunakan istilah-istilah yang justru membingungkan dan tidak dipahami pembaca. Tujuan kita bukan menjadikan pembaca bertambah istilah-istilah asingnya, namun tersampaikannya informasi dengan jelas kepada mereka.

5. Buatlah Desain yang Professional & Sesuai dengan Informasinya.

Bagi yang lebih mementingkan isi, terkadang desain sebuah publikasi dibuat terkesan TIDAK PROFESSIONAL & TERKESAN SEADANYA. Hal ini yang sering saya temui di lapangan. Entah apa mungkin karena desainernya asal-asalan, terburu-buru atau malah tidak memiliki kemampuan teknis. Publikasi sendiri adalah representasi dari acara yang akan diadakan. Jika kualitas publikasinya rendah, maka bukan tidak mungkin pembaca akan menganggap acaranya tidak berkualitas.

6. Gunakan Media Publikasi yang Berkualitas

Media yang saya maksud disini adalah sarana yang digunakan untuk menampilkan publikasi. Misalnya media kertas, saya sering sekali melihat sebuah acara yang sebetulnya bagus dan berkualitas, namun sayangnya media publikasinya sangat minim, misalnya media yang digunakan hanya menggunakan kertas foto copy yang kualitas foto-copyannya juga memprihatinkan. Toh, kalaupun menggunakan kertas foto-copy, carilah tempat foto-copy yang kualitas foto-copynya bagus. Dan tentunya, karena menggunakan kertas fotocopy, jangan menggunakan Kombinasi Warna & Gradasi yang berlebihan. Akan sangat bagus jika memang memiliki dana yang lebih, gunakan kertas dan cetakan yang berwarna. ๐Ÿ˜›

7. Tentukan Titik-Titik Distribusi yang Tepat

Setelah selesai membuat publikasi, tentukan dengan baik waktuย  penempelan publikasi di kampus anda. Tempatkan publikasi di tempat yang stategis dan pembaca mudah melihatnya. Jangan sampai Anda salah tempat untuk menempelkan publikasi, karena disamping publikasi menjadi mubazir juga akan memboroskan pengeluaran dana anda.

8. Ketahuilah Kebiasaan Penempelan Publikasi di Daerah Kampusย  Anda.

Perhatikanlah kebiasaan waktu penempelan publikasi di daerah Anda. Misalnya Anda mengira menempelkan poster pada malam hari adalah tepat. padahal paginya ada publikasi baru yang lain di tempel, alhasil publikasi Anda tertutup oleh publikasi yang lain. ๐Ÿ˜›

Sekarang sudah tahu kan, bagaimana membuat publikasi yang efektif? Nah.. tinggal dipraktekkan saja sekarang.. ๐Ÿ˜€

This entry was posted on Friday, April 30th, 2010 at 10:54 pm and is filed under Campus, Tips & Trics. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

6 Responses to “8 Tip’s Membuat Publikasi Efektif di Kampus !”

  1. dhiliem Says:

    assalamualaikum…

    salam kenal mas! saya mahasiswa d3 rekmed UGM angkatan 2007 sangat tercerahkan dengan tulisan sampeyan! oleh karena itu, saya mohon kiranya untuk berkenan tukeran link blog sampeyan dengan saya…
    wkwkwkwk…

    nice tips wan! aku sering banget liat tuh publikasi yang fotocopian hitam putih, gag jelas banget, nyepeti mata dan banyak terjadi di kampus kita tercinta! semoga seminar yang diadain MII dengan narasumber mas Kabul Kurniawan kemarin bisa memberikan pencereahan kepada institusi2 yang mau mempublikasikan acaranya dengan lebih baik dan lebih jelas lagi!

    hehehe… ๐Ÿ˜€

  2. admin Says:

    wa’alaikumsalam.. salam kenal balik mas, perasaan bukanya kita udah kenal ya… ๐Ÿ˜›
    Ok mas, nanti saya backlink.. terima kasih…

  3. aia Says:

    wa…. makasih inponya mas…..
    Nambah ilmu ni… lumayan…. sering dimintai tolong juga buat publikasi. Tapi karna masih newbie, blum berani buat.hhahaha

    Makasih atas sharing ilmunya…. salam kenal aja ๐Ÿ˜€
    .-= aia´s last blog ..Oprek-oprek win7 Part2 =-.

  4. admin Says:

    sama2, semoga semakin mantab buat publikasinya.. semangat2! ๐Ÿ™‚

  5. Fifi Says:

    Nice info…
    lebih bagus lg kl Mas barbagi tips dan trik teknis membuat publikasi yang menarik…
    .-= Fifi´s last blog ..Ternyata Aku Bukan Batu Karang =-.

  6. lutfi Says:

    nice info, ..
    thanks Gan, .. bermanfaat dan mencerahkan,, .

Leave a Reply

CommentLuv badge