Kenaikan suhu 4 derajat seluruh dunia, jangan pake baju warna hitam!

Share :

Sore tadi sekitar pukul 03.00 (hael-ninori senin, 26 April 2010), saya menerima sms dari seorang teman, bunyinya seperti ini :

“Jarkom!, selama 4 hari kedepan, mulai hari ini (senin, 26 April 2010) jangan pake baju warna hitam!, matahari sedang berada pada titik terdekat dengan bumi. Seluruh dunia mengalami kenaikan suhu 4 derajat, berpeluang kena kanker, jd gunakan sunblock & banyak minum air putih. infokan ketemen2 lain jika kamu peduli..wallahua’lam”

Yup, begitu bunyi smsnya. Saya pun agak sedikit kaget dengan sms tadi, bagaimana ga kaget.. saya ga ngira kalau efeknya bisa kanker gitu. He2.. ngeri juga. Lagian saya juga ga denger berita tentang kenaikan suhu, yang ada malah berita tentang Markus & Century, he2.. apa saya yang jarang denger berita ya,.. (maklum saya tipikal suka milih2 kalo liat berita.. ).Emang sih, akhir2 ini saya sering ngrasa panas gitu, lagian di jogja akhir2 ini juga jarang hujan.

Alih2 penasaran ingin tahu kenapa ada sms ini (disuruh jarkom pula), akhirnya timbul kebiasaan “berpikir online”, bukan pikirannya yang online lho.. tapi langsung searching informasi lengkapnya di internet, via paman Google (mungkin untuk itulah google diciptakan.. he2).

Setelah searching sana-sini, saya menemukan sebuah artikel, yang dapat anda baca selengkapnya disini

diartikel itu disebutkan bahwa ketika memasuki musim pancaroba (musim2 seperti sekarang ini nih..), angin yang harusnya berhembus dari utara ke selatan atau dari selatan ke utara, justru hanya berputar-putar di khatulistiwa. Sehingga mengakibatkan tidak terjadinya pendinginan alami yang selalu dibawa angin ketika berembus. Pada saat yang sama matahari juga masih berada di dekat ekuator, akibatnya pemanasan menjadi lebih intens.

Di artikel tersebut juga di sebutkan bahwa, seorang Profesor Riset Astronomi pada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengungkapkan, periode Maret hingga Mei nanti merupakan musim pancaroba k