Kenaikan suhu 4 derajat seluruh dunia, jangan pake baju warna hitam!

Sore tadi sekitar pukul 03.00 (hael-ninori senin, 26 April 2010), saya menerima sms dari seorang teman, bunyinya seperti ini :

“Jarkom!, selama 4 hari kedepan, mulai hari ini (senin, 26 April 2010) jangan pake baju warna hitam!, matahari sedang berada pada titik terdekat dengan bumi. Seluruh dunia mengalami kenaikan suhu 4 derajat, berpeluang kena kanker, jd gunakan sunblock & banyak minum air putih. infokan ketemen2 lain jika kamu peduli..wallahua’lam”

Yup, begitu bunyi smsnya. Saya pun agak sedikit kaget dengan sms tadi, bagaimana ga kaget.. saya ga ngira kalau efeknya bisa kanker gitu. He2.. ngeri juga. Lagian saya juga ga denger berita tentang kenaikan suhu, yang ada malah berita tentang Markus & Century, he2.. apa saya yang jarang denger berita ya,.. (maklum saya tipikal suka milih2 kalo liat berita.. ).Emang sih, akhir2 ini saya sering ngrasa panas gitu, lagian di jogja akhir2 ini juga jarang hujan.

Alih2 penasaran ingin tahu kenapa ada sms ini (disuruh jarkom pula), akhirnya timbul kebiasaan “berpikir online”, bukan pikirannya yang online lho.. tapi langsung searching informasi lengkapnya di internet, via paman Google (mungkin untuk itulah google diciptakan.. he2).

Setelah searching sana-sini, saya menemukan sebuah artikel, yang dapat anda baca selengkapnya disini

diartikel itu disebutkan bahwa ketika memasuki musim pancaroba (musim2 seperti sekarang ini nih..), angin yang harusnya berhembus dari utara ke selatan atau dari selatan ke utara, justru hanya berputar-putar di khatulistiwa. Sehingga mengakibatkan tidak terjadinya pendinginan alami yang selalu dibawa angin ketika berembus. Pada saat yang sama matahari juga masih berada di dekat ekuator, akibatnya pemanasan menjadi lebih intens.

Di artikel tersebut juga di sebutkan bahwa, seorang Profesor Riset Astronomi pada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengungkapkan, periode Maret hingga Mei nanti merupakan musim pancaroba karena arah angin beralih. Semula, pada periode musim hujan (Desember-Februari), angin berembus dari belahan utara khatulistiwa. Kemudian, angin berembus dari arah sebaliknya pada Juni-Agustus nanti. “Selama masa perubahan inilah angin berputar-putar saja di atas khatulistiwa,” ungkap profesor tersebut.

kata beliau, pemanasan yang sekarang terjadi juga akibat lipatan awan yang terbentuk di langit cenderung berkurang. Salah satu penyebabnya adalah efek El Nino yang belum benar-benar habis hingga saat ini. Karena lipatan awan berkurang, sinar matahari yang jatuh ke bumi menjadi lebih intens. Selain arah angin dan lipatan awan, kenaikan temperatur juga tak lepas dari kondisi lingkungan lokal. Alih fungsi lahan yang masif di kota-kota besar amat berpengaruh pada terus meningkatnya temperatur. Kawasan hijau berubah menjadi belantara bangunan yang menyerap panas. Polusi dari kendaraan bermotor juga memberi andil. “Volume kiriman karbon dioksida ke atmosfer terus bertambah. Padahal, sifat karbon dioksida menyerap panas,” ucap beliau.

Lalu apa hubungannya menghindari memakai baju hitam agar tidak terkena kanker? tentunya kanker yang dimaksud disini bukan kanker (kantong kering… kalo itu ma, anak kost sering ngalamin.. ya g? hikz..). Kanker yang dimaksud adalah kanker yang disebabkan oleh radiasi sinar Ultraviolet (he2.. masih ingat, pelajaran IPA smp kalo ga salah). Disebuah artike yang saya dapatkan disini, radiasi sinar ultraviolet (UV) diketahui merupakan salah satu penyebab dari tumbuhnya kanker kulit. Sinar matahari memang baik untuk kesehatan, tapi tidak semua sinarnya baik pada jam-jam tertentu.  Para peneliti menyarankan agar menghindari sinar matahari antara pukul 9 pagi hingga 3 sore, untuk menghindari risiko terserang kanker kulit. (hemm…waktu kerja bagi yang kerja, kuliah bagi yang kuliah.. hoho )

Nah untuk masalah warna,  diungkapkan pula ternyata dari sebuah penelitian, hasil yang didapat adalah warna merah dan biru yang ternyata menyerap radiasi sinar ultraviolet paling sedikit. sehingga baik di gunakan, sedangkan warna hitam / gelap adalah warna yang sukar menyerap panas sehingga ketika sinar UV tersebut mengenai tubuh kita, maka panas tersebut tidak dapat diserap sehingga rentan terkena kanker (hmm.. bener ga ya?)

Yah… semoga saja berita ini tidak membuat kita latah, sehingga panik dan cemas. Namun, kita jadi cerdas untuk menjaga diri kita dari penyakit-penyakit di atas kecuali kanker (kantong kering maksudnya… ), kita jadi lebih berhati-hati dan tahu apa yang harus kita lakukan sekarang, ayo.. makanya, di jaga Bumi nya, jangan buang sampah sembarangan (nah.. loh). Ok Guys!

Btw, kaos item saya mau tak kemanakan ini… waduh2..