Maksimalkan Presentasi Power Point Anda!

Share :

Kemarin bulan Februari 2010, saya diminta sama salah satu Dosen di Ilmu Komputer UGM, sebut saja pak Janoe Hendarto, beliau meminta saya untuk membantu memberikan presentasi  tentang PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa), bukan tentang PKM-nya… he2 secara saya bukan Pakar PKM atau mahasiswa yang memperoleh prestasi atau juara di PKM he2. Sebenarnya dulu pernah ikut PKM sih, cuman ga lolos.. he2. Tapi ga masalah, yang penting sudah mencoba. ups, kok jadi bahas pengalaman saya nih.

Ya, jadi saya diminta untuk memberikan materi tentang cara “Memaksimalkan Presentasi Power Point Mahasiswa yang ikut PKM”.. secara, kata beliau (pak Janoe), kebanyakan mahasiswa yang ikut PKM kurang bisa membuat presentasi PKM secara baik sehingga dapat mengurangi nilai presentasi mereka. Ehm.. serious problem, I think. Ok, saya pun menyetujuinya.. walaupun sudah lama saya ga pake tool yang satu ini. Tapi dengan modal keyakinan yang kuat, insyaAllah saya bisa membantu… amin.

Ok, langsung ke pembahasan. Power Point yang saya gunakan untuk menyusun presentasi saya menggunakan Microsoft Office 2007 meskipun saat itu sudah keluar versi yang lebih baru, yakni Microsoft Office 2010. Tapi its OK, ga terlalu beda jauh kok, cuman tampilannya aj yang lebih keren, ho ho.. .Karena dipresentasi itu saya hanya diminta untuk mendemokan secara Teknis, maka saya mencoba memberikan materi tentang Fitur-fitur di Power Point 2007, dan lebih ke memaksimalkan fitur2 animasi yang ada di dalamnya. Praktis sebetulnya di Ms. Office Power Point 2007, fitur-fitur2 untuk animasi sudah cukup lengkap. Ya, saya katakan cukup lengkap karena kalau kita mampu menggunakan fitur2 tersebut secara tepat dan maksimal, maka kita dapat membuat sebuah presentasi yang Wah… (he2 sulit diungkapkan dengan kata2).
Di  Ms. Office Power Point 2007, setidaknya terdapat empat macam variasi animasi (custom animation), yakni Entrance, Emphasis, Exit dan Motion Path.

1.    Entrance : efek animasi ketika objek muncul (masuk)
2.    Emphasis : efek animasi ketika objek dijalankan
3.    Exit : efek animasi ketika suatu objek menghilang (keluar)
4.   Motion Path : memberikan efek animasi sesuai dengan rute gerakan yang  diinginkan

Nah, keempat macam animasi tersebut dapat kita formulasikan untuk membuat contoh-contoh animasi seperti berikut :
1.    Trigering,
Efek animasi yang akan bereaksi ketika suatu objek lain di picu, fitur ini dapat kita gunakan misalnya untuk membuat suatu tombol, yang akan menjalankan animasi dari objek yang lain. Dengan memanfaatkan Trigger, yang ada di Effect Option. Kita dapat dengan mudah membuatnya.

2.    Rolling Ball
Efek animasi yang membuat seolah – olah objek lingkaran dapat menggelinding seperti bola yang ditendang. Animasi ini memanfaatkan fitur animasi Motion Path dan Emphasis dengan jenis Spin (memutar)

3.    Car Racing
Animasi ini menunjukkan bagaimana suatu objek mobil bergerak saling mendahului, dengan memanfaatkan fitur Emphasis dengan jenis Fly-in dengan sedikit pengaturan Timing, kita dapat membuaatnya dengan mudah.

4.    Falling Leaf
Pernah melihat Daun yang jatuh?.. nah animasi ini menunjukkan bagaimana efek daun yang jatuh. Dengan memanfaatkan fitur animasi Motion Path, Emphasis (Spin) dan Emphasis (swivel).

5.    Hidden Pivot
Efek animasi ini mencoba membuat sebuah objek yang berputar layaknya kipas Angin. Kita dapat memanfaatkan fitur animasi Emphasis (spin) dengan Timing untuk mengatur tempo putaran.

6.    Exploding
Membuat sebuah objek seolah-olah meledak, dengan menggunakan fitur Motion Path, Emphasis (Dissolve out) dan Exit (Zoom).

7.    Scrolling Ticker
Seperti yang biasa kita lihat di Televisi, sebuah tulisan dibawah layar yang bergerak dari kiri ke kanan secara perlahan. Animasi ini dapat kita buat dengan menggunakan efek Emphasis Crawl in, dengan pengaturan Timing yang dapat kita sesuaikan untuk menentukan tempo pergerakannya.
8.    CountDown
Hemm.. kalau ini pasti sudah tahu ya, jadi bagaimana membuat semacam efek perhitungan mundur. Efek animasi sering kita jumpai di televisi atau film2 jaman dulu ketika suatu acara atau film dimainkan. Kita dapat memanfaatkan fitur Emphasis (Wheel dan Fade). Dan tentunya dengan Timing untuk pengaturan temponya.
Nah, penasaran bagaimana cara membuatnya?, di tulisan berikutnya saya akan memberikan tutorial dan contoh membuat animasi2 diatas. Di tunggu ya..

This entry was posted on Friday, April 23rd, 2010 at 12:47 pm and is filed under Multimedia. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

8 Responses to “Maksimalkan Presentasi Power Point Anda!”

  1. huda Says:

    mas, kalo toturialnya ada tolong dikabarin….makasih

  2. admin Says:

    iya, nanti ditunggu aja.. 🙂

  3. dodo suwanda Says:

    wah makasih mas, mu dicoba dan di upload. salam kenal
    .-= dodo suwanda´s last blog ..Memasang Tombol Pengatur Film di PowerPoint 2007 =-.

  4. admin Says:

    @mas dodo : sip… sama2 mas 🙂

  5. netti Says:

    duh,
    ndak sabar, pengen coba program animasi tsb,…

  6. chava Says:

    mas mau tanya..
    gmn caranya agar animasi di ppt2010 bisa keluar di ppt 2007 mas ??
    saya sudah ngedit di 2010, eh malah ga bisa keluar di 2007, mohon dibantu mas…
    kalaupun keluar di 2007 , itupun animationnya cuma ganti slide biasa aja :'(

  7. admin Says:

    @netti : contoh animasi powerpoint bisa dilihat disini http://kabulkurniawan.com/2012/03/29/contoh-animasi-power-point/
    @chava : hmm, mungkin ada beberapa animasi yang tidak support di versi dibawahnya. contohnya versi 2010 tidak jalan di versi 2007. menurut saya bagusnya anda konversi terlebih dahulu versinya menjadi versi 2007 dengan cara di save as. 🙂

  8. dayat Says:

    Yang pengen bljr teknik2 powerpoint silahkan gabung ke http://www.facebook.com/groups/404065876285883/

Leave a Reply

CommentLuv badge