Instalasi Paket di Linux

Share :

Instalasi di linux meskipun sebenarnya tidak terlalu sulit, terkadang menjadi masalah bagi pengguna baru (pemula). Tidak seperti di Windows yang biasanya paket instalasi mempunyai extensi .EXE atau .MSI, cara instalasinya pun tinggal next, next, next.. dan viola.. program pun terinstal.

Pada edisi tips trik kali ini, akan dijelaskan bagaimana menginstal paket-paket di linux agar paket tersebut dapat terinstal dengan baik dikomputer. Setiap paket mempunyai teknik teknik yang berbeda-beda, tergantung jenis paket tersebut. Secara umum ekstensi paket-paket instalasi di linux antara lain .DEB, .RPM, .BIN, .RUN, .SH, .TAR.GZ, .TAR.BZ2


1. Paket .DEB

Paket ini biasanya dikhususkan bagi pengguna Linux Debian, Mepis, Ubuntu, Kubuntu, Edubuntu, Xubuntu. Cara instalasi paket ini, boleh di bilang mudah, karena cukup klik dua kali pada paket tersebut, kemudian jendela instalasipun akan terbuka.

2. Paket .RPM

Paket ini biasanya dikhususkan bagi pengguna Linux Red Hat, Fedora, CentOS, Mandriva, SUSE. Instalasi paket ini boleh dibilang susah-susah gampang, ada beberapa teknik tapi yang paling sederhana adalah dengan menggunakan perintah :

# rpm -ivh nama_file.rpm

3. Paket .BIN

Paket ini merupakan paket instalasi untuk semua jenis linux. Cara instalasinya dapat dilakukan dengan menggunakan perintah di konsol linux. Jangan lupa login terlebih dahulu sebagai root, berikut caranya

a) Ubah file.bin agar dapat di eksekusi dengan menggunakan perintah

# chmod +x nama_file.bin

b) kemudian instal dengan menggunakan perintah

# ./nama_file.bin

4. Paket .RUN

Sama seperti paket .bin, paket ini merupakan paket untuk semua jenis linux, Caranya cukup dengan mengetikkan perintah dibawah ini di konsol linux :

./nama_file.run

5. Paket .RUN

Paket dengan extensi sh adalah file script yang isinya text file ASCII. file bash script ini biasanya hanya berisi kumpulan-kumpulan perintah. Cara menjalankannya :

a) Ubah file.sh agar dapat di eksekusi dengan menggunakan perintah

# chmod +x nama_file.sh

b) kemudian instal dengan menggunakan perintah

# sh nama_file.bin atau ./namafile.sh

6. Paket .TAR.GZ & .TAR.BZ2

Paket .TAR.GZ & .TAR.BZ2 itu merupakan hasil dari sebuah file kompresi. seperti rar atau zip di windows, cara instalasinya :

a) Ekstrak file dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :

# tar xvzf nama_file.tar.gz atau tar xvjf nama_file.tar.bz2

b) Kemudian masuk ke direktori paket yang telah diinstal
# cd package

c) Kemudian konfigurasi paket dengan perintah
# ./configure

d) kemudian compile paket tersebut dengan perintah
# make

e) terakhir instal paket tersebut
# make install

This entry was posted on Wednesday, March 17th, 2010 at 12:31 pm and is filed under Open Source, Programming. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

8 Responses to “Instalasi Paket di Linux”

  1. bertusp Says:

    maaf mas, saya pengguna linux baru saya pakai Kubuntu 10.4. tapi masih bingung. file sh tersebut di letakan di folder mana ya ? sudah saya letakkan di Home tapi masih g bisa no such directotory >

    mohon batuin ya

  2. tonny Says:

    @atas: bila diletakkan di home dan ingin menjalankannya, tinggal ketik perintah ini di terminal: ./nama_program.sh (ingat, masuk dulu dalam direktorinya).

  3. admin Says:

    @mas tonny : terimakasih sudah dibantu menjawab.. salam kenal 😀

  4. em Says:

    saya adalah user baru, masih nol dalam pemrograman/installasi linux.
    saya pakai yg versi lama. linux ubuntu 9.04.
    masalahnya ketika saya mau download flashplayer ada pilihan
    YUM
    .tar.gz
    .rpm
    ATP for linux 10.04 or higher.

    yg pasti bukan yg paling bawah, diantara ketiga extention, mana yg cocok buat ubuntu 9.04 ?
    trims

  5. em Says:

    ada yg ketinggalan, bagaimana cara malakukan perintah?
    apa dulu yg dibuka?

  6. admin Says:

    @em : ubuntu termasuk distribusi dari keluarga debian, jadi pilihan paket yang cocok untuk keluarga debian antaralain .deb, kalo tidak ada pilihan .deb diatas maka pilih saja yang .tar.gz. Nanti anda ekstrak terlebih dahulu paket tersebut, kemudian silakan dicek disana biasanya ada file README atau INSTALL, nah buka file tersebut dan ikuti langkah-langkahnya.. 🙂

  7. tobinugroho Says:

    kak.,.,tolong dong.,,jelasin lebih spesifikasinya perangkat tambahan pada linux.,,.apa jugag sama kaiak software nya kalo kita instal d linux???

    dan juga jelasin cara instalasi paket tambahan pada linux.,,??

    makasih.,

  8. wawan Says:

    Mau tanya mas, saya pengguna baru pakai xubuntu v 12.04. saya ada mau install software yg lain di xubuntu, bagaimna caranya ya..trims sebelumnya

Leave a Reply

CommentLuv badge