Integrasi SIPUS (Sistem Perpustakaan) UGM

Share :

digilib1Alhamdulillah, setelah memakan waktu yang cukup lama proses debugging (pengembangan) SIPUS (Sistem Perpustakaan) V4 (Sipus Web), sekarang Digital Library(Digilib) untuk Sipus V4 (Sipus Web) telah berhasil saya integrasikan.

Di sistem tersebut (Digilib Sipus 4) sebenarnya sudah mendukung fitur Web Service, sebuah layanan yang memungkinkan sebuah data di dalam database di akses tidak langsung melalui query (perintah) SQL dari sistem, namun melalui perantara XML (Extensible Markup Language), sekumpulan aturan yang mengencode data/dokumen secara digital. Web service yang digunakan dalam sipus menggunakan NuSoap, sebuah library web service openSource yang dapat diunduh secara gratis dari internet.

Nah, dengan web service ini sebetulnya Digilib dapat diintegrasikan untuk merequest data lebih dari satu database, namun yang menjadi permasalahan yakni program yang ditulis dalam sistem tersebut disetting untuk merequest hanya ke satu database. sehingga diperlukan debugging (penulisan program ulang) untuk menyetting supaya sistem tersebut dapat digunakan untuk merequest ke lebih dari satu database yang sejenis.

Untuk sementara ini Digilib yang sudah terintegrasi ke Digilib diperpustakaan baru FTP (fakultas teknologi pertanian) dan FKH (fakultas kedokteran hewan). Integrasi semacam ini sy pikir sangat penting, demi tercapainya sebuah portal OPAC (Online Public Access) Perpustakaan yang “real-time”, saya katakan “real-time” karena data yang ada di tiap-tiap fakultas yang menggunakan Sipus & Digilib V4, akan selalu tersinkronisasi menjadi satu di Digilib pusat. sehingga data menjadi “up-to-date”. karena apa yang terjadi difakultas dapat diketahui secara langsung dari pusat. Untuk, Digilib Pusat dapat diakses secara lokal di : http://10.13.200.13/digilib

This entry was posted on Tuesday, January 26th, 2010 at 2:34 pm and is filed under Campus, Integration. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses to “Integrasi SIPUS (Sistem Perpustakaan) UGM”

  1. andycoklat Says:

    http://digilib.archiplan.ugm.ac.id/ ini juga sudah bisa mas…

  2. admin Says:

    kok kebanyakan dari teknik pak?

  3. andycoklat Says:

    lha perpus teknik,dudu perpus pusat j..

  4. admin Says:

    oh.. bgitu, bagus kalo digabung dengan fakultas lain pak..

Leave a Reply

CommentLuv badge