Jurnalisme Islam Menggengam Dunia

Share :

Di era globalisasi seperti sekarang ini, dimana setiap negara berlomba-lomba untuk mendistribusikan produk-produk mereka secara bebas di dunia, perkembangan teknologi menjadi peran utama. Akses informasi yang bergerak begitu cepat, menyebabkan manusia memanfaatkan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Pemanfaatan teknologi yang begitu besar dalam kehidupan manusia telah membawa manusia menjadi pribadi-pribadi instan, sehingga pola pikir manusia menjadi pragmatis. Pribadi-pribadi yang telah terkontaminasi dengan hegemoni teknologi, yang banyak dihasilkan oleh bangsa barat, berubah menjadi pribadi yang tidak lagi memperhatikan etika, moral, dan akhlak, karena pengaruh kapitalisme dan sekulerisme terwujud dalam sebuah teknologi.

Kesenjangan yang terpaut jauh antara informasi Media Masa Barat dan Timur, jelas tampak sekali dari produk informasi yang dihasilkan. Media Masa Barat lebih cenderung kepada hingar-bingar kebebasan, kapitalisme dan sekulerisme. Hal ini sangat mempengaruhi Media Massa Timur, yang dahulu sangat terkenal dari sisi-sisi etikanya. Perubahan semacam ini seharusnya disadari oleh insan jurnalis dalam memperoleh informasi supaya tidak memberikan efek negatif kepada masyarakat yang memperoleh informasi tersebut.

Pengaruh-pengaruh negatif Barat yang menyebar melalui Media massa, yang dengan teknologi dapat secara mudah disebar via Media IT seperti sekarang ini, mendorong perlunya memunculkan wacana keislaman melalui media IT. Jurnalis mempunyai peran penting dalam memberikan akses informasi kepada masyarakat yang sejatinya masih terbelenggu dan terjebak dalam hegemoni barat yang cenderung negatif. Sebagai mana hadist nabi yang mengatakan ? Sampaikanlah dariku walau satu ayat..? jelas sekali bahwasanya alternatife wacana keilmuan dan dakwah salah satunya terletak pada keberadaan jurnalisme islam.

Peran penting jurnalisme dalam memberikan wacana islam kepada masyarakat seharusnya mendapat dukungan dari semua insan jurnalis, karena dari tangan-tangan merekalah kondisi masyarakat sekulerisme dan kapitalisme dapat diubah dan diperbaiki. Tidak hanya itu, media IT yang menjadi sarana pendakwahan akan memberikan kontribusi yang jauh lebih besar dari pada sekedar esensi perkembangan teknologi itu sendiri.

This entry was posted on Thursday, January 21st, 2010 at 12:34 pm and is filed under Islam, Motivation. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Jurnalisme Islam Menggengam Dunia”

  1. gambang syafaat Says:

    gambang syafaat…

    […]Jurnalisme Islam Menggengam Dunia | KabulKurniawan.Com[…]…

  2. girilaya real groups Says:

    mungkin generasi muda INDONESIA perlu adanya TAUSIYAH2 agama yang bisa membangun dan mempertahankan AKHLAK dan MENTAL.

    salah satunya merupakan tugas seorang Jurnalis sebagai Dakwah Murah dan Handal. [Murah tapi ndak Murahan lhoo ^_^]

    salam dari Girilaya Real Groups

Leave a Reply

CommentLuv badge