FREELANCE DESAINER, Pekerjaan yang Pas Buat Anak Kuliah

Share :

Berbekal dengan pengalaman saya bekerja pada sebuah perusahaan penerbit yang sampai saat ini saya geluti sebagai profesi sampingan, (selain sebagai seorang mahasiswa) “Freelance Desainer” mungkin menjadi istilah yang tepat bagi saya, yang kesehariannya berhadapan dengan komputer. Pergi bekerja pada pagi hari dan berangkat kuliah pada sore hari. Lalu apakah sebenarnya”Freelance Desainer”itu sendiri ? Freelance Desainer adalah salah satu profesi dibidang IT, yang dilakukan secara”Part Time”yakni sebagai desainer sampul dan perwajahan buku.

Sama seperti bidang-bidang desainer lainnya, modal utama dan sekaligus syarat yang mutlak dan harus dimiliki oleh seorang desainer dan layouter buku adalah kelihaian dan ketrampilannya bermain-main dangan aplikasi komputer grafis. Program-program grafis seperti Photoshop, CorelDraw, Pagemaker atau Freehand menjadi makanan wajib sehari-hari.

Ahli dan Mahir menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut saya rasa tidak cukup untuk menjadi seorang desainer dan layouter buku handal, pengetahuan dan pengalaman dalam bidang sampul dan perwajahan buku sangat diperlukan. Selain itu jiwa seni dari seorang desainer sangat diperlukan untuk bisa mengeksplorasikan ide-ide serta imajinasi untuk dituangkan menjadi sebuah sampul buku yang menarik.

Pada umumnya seseorang yang ingin membeli buku, hal pertama yang mereka lakukan adalah melihat sampulnya, selanjutnya memperhatikan perwajahan, membaca singkat isinya, kemudian baru memutuskan untuk membeli buku itu atau tidak. Nah hal itulah kenapa mendasain sebuah sampul buku tidak boleh sembarangan, karena sampul buku merupakan objek pertama yang akan menjadi penilaian sebuah buku.Tidak sedikit buku yang isinya biasa-biasa saja tapi justru laris di pasaran, ini dikarenakan oleh dukungan dari kecerdasan dan kelihaian desainer dan layouter buku.

Lalu apa yang bisa kita tangkap dari fenomena ini? Kita sebagai mahasiswa bisa menjadi desainer dan layouter buku freelance profesional hanya dengan seperangkat Personal Computer, aplikasi dan sedikit keberanian untuk menawarkan hasil karya kita kepada perusahaan-perusahaan penerbitan. Profesi ini sangat pas buat kita sebagai mahasiswa yang ingin mendapat tambahan uang saku, karena mengingat banyak perusahaan-perusahaan penerbitan buku khususnya di Jogja yang umumnya tidak mematok waktu bekerja tetapi hanya target dan hasil produksi yang bagus. Bagaimana, tertarik menjadi”Freelance Desainer” ?

This entry was posted on Thursday, January 21st, 2010 at 12:29 pm and is filed under Multimedia. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses to “FREELANCE DESAINER, Pekerjaan yang Pas Buat Anak Kuliah”

  1. muhammad nashir Says:

    pengalaman yang luar biasa dan diceritakan dengan mendetail
    semoga bertambah karya-karya terbaik anda, kawan

  2. admin Says:

    Terima kasih mas, semoga cerita saya ini bisa bermanfaat buat orang lain mas. terima kasih kunjungannya 🙂

  3. cHugy gOgOg Says:

    Pencerahan yang menarik sekali mas…bisa buat referensi untuk saya…!!!
    Saya juga hobi dengan dunia desain grafis, setelah membaca postingan ini saya jadi lebih terarah untuk melakukan yang lebih baik…mungkin bisa di berikan beberapa penyedia layanan untuk freelance desainer yang mungkin bisa dicoba dan syarat seperti apa untuk bisa diterima jadi seorang freelance desainer grafis ini..terimakasih
    .-= cHugy gOgOg´s last blog ..Bikin Komik Online Ala BATMAN Dan ROBIN =-.

  4. admin Says:

    sama2, terimakasih atas kunjungannya mas.. semoga selanjutnya bisa ngasih informasi yang mas sebutkan.. 🙂

Leave a Reply

CommentLuv badge