Analisis Desain “Akankah aku Sarjana?”

Share :

Pendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayat. Setiap manusia membutuhkan pendidikan, sampai kapan dan dimanapun ia berada. Pendidikan sangat penting artinya, sebab tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan bahkan akan terbelakang. Pendidikan juga merupakan hak setiap manusia, seperti yang tercantum dalam undang-undang bahwasanya setiap warga negara berhak mendapat pendidikan dan pengajaran. Namun bagaimana jika pendidikan telah dijadikan komoditi baru untuk meraup keuntungan, bagaimana jika pendidikan tidak bisa lagi dijangkau oleh setiap orang karena mahalnya biaya untuk mendapatkannya.

Inilah yang kemudian melatarbelakangi pembuatan poster iklan layanan masyarakat dengan tema “Pendidikan Masyarakat” yang saya beri judul “Akankah Aku Sarjana ?, sebuah perspektif tentang komersialisasi pendidikan”. Poster ini dibuat sebagai kritikan kepada pemerintah agar tidak menjadikan pendidikan sebagai bagian dari komoditi untuk diperjualbelikan kepada masyarakat, tentunya ketika hal itu menjadi sebuah komoditi maka hanya orang tertentu saja dalam hal ini “orang yang benar-benar mampu” yang sanggup mendapatkan pendidikan. Sedangkan orang-orang dari kalangan menengah ke bawah sama sekali kesulitan untuk mendapatkan akses kesana.

Selain itu poster ini sekaligus mengajak kepada masyarakat agar bersama-sama menolak komersialisasi pendidikan, mengajak untuk menjadikan pendidikan sebagai suatu kebutuhan yang mudah serta murah untuk dijangkau semua kalangan, sehingga pemerataan pendidikan akan dapat terwujud, orang yang miskin dapat sekolah hingga ke perguruan tinggi, generasi muda sebagai putra-putri bangsa dapat meraih cita-citanya, dan tujuan pemerintah untuk mencerdaskan bangsa tidak lagi angan kosong belaka.

Silakan Download file desain-grafis

This entry was posted on Thursday, January 21st, 2010 at 12:38 pm and is filed under Campus, Multimedia. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

CommentLuv badge